Inisiasi 1
Hak-Hak
Yang Dimiliki Anak Berkebutuhan Khusus
Saudara
mahasiswa yang berbahagia, selamat berjumpa
dalam kegiatan tutorial online untuk
mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
(ABK) dengan kode matakuliah (....). Dalam
tutorial online kali ini, Anda akan dipandu oleh tutor
Anda, Hermanto SP. Pada pertemuan pertama
ini, kita akan mendiskusikan materi yang ada pada Bahan Ajar Cetak (BAC) subunit
4 dalam Unit I tentang
hak-hak yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam
unit pertama BAC tersebut berisi 4
subunit, dimana subunit 1 hingga
subunit 3 tentang pengertian anak berkebutuhan khusus secara
umum
dan khusus, serta
faktor
penyebab kelainan, materi-materi tersebut
telah kita bahas dalam
pertemuaan residensial terdahulu. Untuk itu dalam kegiatan
tutorial online pertama ini materi yang dibahas adalah mengenai
hak-hak yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, kompetensi yang diharapkan dari kegiatan tutorial pertama ini Anda diharapkan mampu:
1. menjelaskan landasan hukum yang mendasari perlunya pemenuhan hak-hak anak
berkebutuhan khusus.
2. memberikan
contoh hak-hak yang harus diberikan
kepada anak berkebutuhan khusus.
Hak-hak Anak Berkebutuhan Khusus
Saudara
mahasiswa yang berbahagia, banyak hak yang harus diberikan kepada anak-
anak berkebutuhan khusus. Istilah lain yang kadang lebih familier dengan anak-anak berkelainan bahkan anak cacat ini pada dasarnya adalah sama-sama mahluk ciptaan Tuhan. Hal ini sama halnya dengan kita, manusia pada umumnya. Tentu setiap warga negara mempunyai hak yang sama dan juga sekaligus memiliki
kewajiban.
Beberapa alasan yang dapat dijadikan landasan
dalam memberikan hak kepada anak- anak berkebutuhan khusus adalah:
1. Landasan Yuridis
Formal, meliputi:
UUD 1945 pasal 31, Undang-undang Nomor: 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3,
pasal 5, dan pasal 32, UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 49,
50, 51, 52, 53, UU Nomor
4 tahun 1997 tentang Penyandang Cacat
pasal 5 dan Deklarasi Bandung, Agustus 2004.
2. Landasan Agama, bahwa Tuhan
menciptakan manusia sesungguhnya sama derajadnya, yang membedakan adalah amal perbuatannya.
3. Landasan Pendidikan, bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mendewasakan manusia
(peserta didik).
Sebagaimana landasan yang sudah disebutkan
di atas, maka dalam kehidupan sehari- hari sudah semestinya
apabila kita memberikan hak-hak anak berkebutuhan khusus sebagaimana mestinya
seperti hak memperoleh pendidikan, hak memperoleh kesempatan yang sama, hak dalam menggunakan fasilitas
yang ada, hak sebagai warga negara, dan sebagainya. Tentu saudara dapat menyebutkan hak-hak anak berkebutuhan khusus secara lebih
detail. Untuk
itu
kemauan saudara dalam memberikan hak-hak
mereka sungguh merupakan satu kewajiban yang harus kita
berikan.
Apakah
pemahaman saudara tentang hak-hak anak berkebutuhan
khusus tersebut sudah meliputi
minimal yang sudah disebutkan
di atas tadi? Bila ya, berarti saudara sudah memahami hak-hak anak berkebutuhan khusus tersebut. Apabila belum
berarti saudara harus banyak membaca kembali bahan ajar cetak subunit
1 dalam unit 1
Modul Pendidikan
Anak Berkebutuhan Khusus
disamping buku-buku
relevan lainnya.
Saudara
mahasiswa, selanjutnya silahkan Anda
baca modul yang terkait dengan materi ini, kemudian kerjakan soal-soal berikut:
1. Jelaskan landasan hukum yang mendasari perlunya pemenuhan hak-hak anak berkebutuhan khusus!
2. Berikan contoh hak-hak yang harus
diberikan
kepada
anak
berkebutuhan
khusus!
Selanjutnya, untuk mengetahui
benar atau tidaknya jawaban Anda silahkan kirim kembali jawaban
tersebut melalui
e-mail:
abkpjjpgsd@yahoogroups.com. atau melalui
faks ke nomor (0274) 540611. Saudara mahasiswa,
jika ada sesuatu materi yang belum
atau kurang jelas dan ingin Anda tanyakan,
gunakanlah sarana di atas untuk menyampaikan permasalahan Anda tersebut. Sekali lagi jangan ragu-ragu, bila Anda mengalami hambatan
atau permasalahan dengan materi tutorial ini. Silahkan hubungi kami, tentu akan kami bantu menemukan solusi.
Harus Anda sadari bahwa materi
ini merupakan kelanjutan dari pemahaman
kita tentang pengertian anak berkebutuhan khusus (ABK), faktor penyebab
kelainan dan sangat penting Anda kuasai karena merupakan dasar untuk mempelajari
materi yang terdapat pada
bahan
ajar
cetak
(BAC) selanjutnya, terutama dalam melakukan
asesment
dan penentuan kebutuhan
pendidikannya yang akan
Anda dapatkan diakhir-akhir perkuliahan dalam matakuliah
ini. Tiada sia-sia bagi yang berusaha.
Selamat Belajar dan Semoga Sukses!
Rubrik Tutorial On Line Pertama
Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus
KRITERIA
TINGKAT PENILAIAN DAN BOBOT KURANG CUKUP BAIK
1- 5,9 6 – 8,4 8,5
- 10
Menyebutkan/
menjelaskan landasan hukum
Memberi contoh hak-hak ABK Cara memberikan hak-hak ABK
di sekolah
Menyebutkan kurang dari
3 landasan tanpa memberikan penjelasan
hanya mengandung satu aspek
Belum menggambarkan
kondisi ABK & belum jelas
prosedur pemberian hak- haknya
Menyebutkan dan memberikan
penjelasan lebih dari 3 namun
penjelasannya kurang tepat mengandung 2-3 aspek
Sudah menggambarkan
kondisi ABK nemun belum begitu jelas
prosedur pemberian
hak-haknya
Menyebutkan & memberikan
penjelasan > 5 secara jelas dan rinci
Mengandung lebih dari 4
aspek Sangat jelas menggambarkan
kondisi ABK & prosedur pemberian
hak- haknya
Menentukan Bobot (Value) Dari Masing-Masing Kriteria
KRITERIA
|
TINGKAT
PENILAIAN DAN BOBOT
|
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
Menyebutkan/
menjelaskan landasan hukum
|
1
|
1,5
|
2
|
Memberi contoh
hak-hak ABK
|
1,5
|
2
|
3
|
Cara memberikan
hak-hak ABK
di sekolah
|
3
|
4
|
5
|
TOTAL SKOR
|
1-
5,9
|
6
– 8,4
|
8,5 - 10
|
Catatan:
Seorang mahasiswa akan mendapatkan nilai
tertinggi 10 (maksimal) apabila mahasiswa tersebut mampu
mengerjakan tugas secara maksimal dari keseluruhan kriteria yang ada.
Tugas
Tutorial On Line Pertama
A.
Perintah:
Kerjakan
secara sunguh-sungguh, dan segera kirimkan
kepada kami, apabila anda telah selesai
mengerjakan tugas ini. Ingat tugas ini untuk mengukur
tingkat kemampuan pemahaman
Anda, oleh karena itu kejujuran
akademik dalam mengerjakan menjadi tanggungjawab Anda. Selamat mengerjakan, semoga sukses!
B.
Tugas:
1. Jelaskan
beberapa landasan hukum yang mendasari
perlunya pemenuhan hak-hak untuk anak berkebutuhan
khusus!
2. Berikanlah
contoh hak-hak yang harus diberikan
untuk anak berkebutuhan khusus, dan bagaimana cara memberikan
hak tersebut menurut saudara?
Bagaimana cara memberikan
hak-hak untuk anak berkebutuhan khusus,
seandainya di sekolah saudara terdapat
anak berkebutuhan khusus?