RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Bojong Salaman 02
Kelas/Semester : I/1
Tema :
Keluargaku
Sub Tema : Anggota Keluargaku
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1 hari (6 jp) dipresentasikan (30 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasar rasa
ingin tahu tentang dirinyam makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.4
Mengenal teks cerita diri / personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4
Menyampaikan teks cerita diri / personal tentang keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
MATEMATIKA
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunkan benda-benda yang ada
disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
C.
INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.
Membaca cerita tentang kegiatan
belajar bersama keluarga.
2.
Menceritakan kegiatan belajar
bersama keluarga.
MATEMATIKA
1.
Menyelesaikan soal penjumlahan
dan pengurangan sampai bilangan 20.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mendengarkan penjelasan
guru, siswa dapat membaca wacana tentang kegiatan belajar bersama keluarga
dengan baik.
2.
Setelah mendengarkan penjelasan
guru, siswa dapat menceritakan kegiatan belajar bersama keluarga dengan bahasa
sendiri secara mandiri dengan runtut dan benar.
3.
Setelah melihat contoh yang
ditunjukkan guru, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan
sampai bilangan 20 dengan benar.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Mengenal teks cerita diri /
personal tentang keberadaan keluarga.
2.
Menyampaikan teks cerita diri /
personal tentang keluarga secara mandiri.
3.
Mengenal bilangan asli sampai
99.
F.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Metode : Tanya jawab,
ceramah, penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa .
3.
Mengajak siswa menyanyikan lagu Sayang Keluarga.
4.
Dilanjutkan tanya jawab tentang syair lagu sayang keluarga,
mengapa harus sayang keluarga, siapa saja yang termasuk anggota keluarga.
5.
Meminta informasi dari siswa mengenai jkegiatan belajar di
rumah.
6.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
keluargaku.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Memperlihatkan gambar tentang kegiatan Udin belajar di
rumah yang ditemani ayah dan ibu. (mengamati)
2.
Siswa mengamati gambar Udin yang sedang belajar ditemani
kedua orang tuanya. (mengamati)
3.
Siswa membaca teks tentang belajar bersama orang tua yang
ada di buku siswa. (mencoba)
4.
Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan kegiatan
belajar di rumah. (menalar)
5.
Siswa diminta untuk mewawancarai minimal 10 orang temannya
mengenai kebiasaan belajar. (menanya)
6.
Siswa diminta melaporkan hasil wawancara dengan temannya.
(mencoba)
7.
Guru menjelaskan pentingnya belajar di rumah.
8.
Siswa diminta menghitung jumlah temannya yang sudah
diwawancarai dan yang belum diwawancarai. (jejaring)
9.
Siswa berlatih menyelesaikan latihan soal penjumlahan dan
pengurangan.
|
20 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.
Melakukan penilaian hasil belajar.
4.
Memberi tugas di rumah.
5.
Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
|
5 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
-
Buku pegangan guru (tematik
terpadu)
-
Buku siswa (pembelajaran 5)
-
Diri anak
-
Gambar lingkungan keluarga
-
Buku pengembangan diri anak
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur penilaian
-
Penilaian proses
-
Penilaian hasil belajar
2.
Instrumen penilaian
-
Penilaian proses (penilaian
kinerja)
-
Penilaian hasil belajar (isian
singkat)
Mengetahui Guru
Kelas I
Kepala Sekolah